Jika Ada Link Dalam Blog Ini Yang Tidak Berfungsi Atau Broken, Dengan Segala Kerendahan Hati Kami Berharap Pengunjung Sekalian Meng-Infokan Kepada Kami Agar Se-segera Mungkin Kami Memperbaikinya,TERIMA KASIH..!!BLOG ANAK BIMA mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1437H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN" @Admin [by:dyenps]

Tuesday, July 17, 2012

Cara Memperbaiki TV Polytron Minimax Type MX51V17 Protec

Kemarin saya kedatangan seorang pasien bawa tv
Minimax type MX 51V17,bilangnya ke saya tvnya sebentar hidup sebentar mati lalu gak mau hidup" lagi....saya Pikir Protec neh...?
Saya pun mulai buka tu Tv langsung aja tes visual cari" kalau ada titik solderan yang terkelupas/lepas....kayaknya masih bagus...langsung aja ketitik proteck biasa C507,tapi di type ini gak ada karena dia hanya menggunakan tegangan 12v setelah melalui dua resistor untuk suplai Driver Horisontalnya,sayapun beralih ke bagian Vertikal disitu ada IC STVxxxx saya cek tegangan -12 dan +12 semuanya nol, 2 tegangan tersebut berasal dari FBT nya,saya pikir penyebab dropnya arus kesitu karena IC Vertikanya sudah konslet saya pun mengganti IC tersebut,saya coba idupkan tvnya ....?eh..koq masih proteck ya..?Kini beralih ke sumber proteck ganti elco proteck disitu pada titik C401 dan C402,ganti masih aja proteck......sebentar saya ambil dulu satu teh botol dingin biar otak dingin sebentar....ahhhhh.


Kali ini saya paksa tv nya untuk hidup walaupun dia hidup merana...kwkwkwk...saya paksa dengan cara ambil remot aslinya,pada saat tv proteck tekan tombol Menu pada remot tahan 3-5 detik ..tv akan hidup merana dia akan mengeluarkan suara tapi layar blank....saya ukur tegangan pada semua kaki Flyback nya semua normal kecuali dua tegangan yang ke IC vertikal saja yang gk normal,ke pikiran flybacknya kali ya..?penasaran langsung di ganti aja flybacknya tapi ...koq masih proteck..?ternyata ada yang saya lupa saya test tegangan yang keluar dari kaki flyback yang menuju kaki tengah IC Horisontal, koq disitu ada tegangan ya..?saya pikir IC nya kali ya..?saya test IC nya dengan avometer baik" aja....tapi gak salahnya bila diganti ,saya cabut dan saya ganti dengan yang lain,coba saya hidupkan TV nya.......???ncreeeeeng tv nya hidup normal...saya biarkan dia hidup beberapa lamanya mungkin dia pura" neh....setelah berapa  lama hidup,kemudian saya matikan saya biarkan sampai agak lama biar dingin dulu,saya coba hidupkan lagi ....ternyata masih normal,pekerjaan pun selesai dan sukses...dan saya pun dapat bayaranya...^_^
Jika ada diantara sobat semua yang punya pengalaman tentang hal diatas, gak ada ruginya jika kita saling berbagi kepada sesama agar ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat buat orang banyak, sobat bisa berbagi pada kotak komentar dibawah..



Artikel Terkait:

8 comments:

  1. kl punya saya remotnya sob yg ga bs. tuh apanya kira2 ya..? mksih nice share...

    ReplyDelete
  2. Sob tv saya polytron minimax pas mau pindah chanel ke AV layar berkedip-kedip kl siaran yg lain tidak ada masalah kira-kira apa yg mesti saya ganti . tq sharenya sob

    ReplyDelete
  3. Salam sejah teta.mau tanya tv saya polytron minimax mati protek kalau masuk stanbay saya tekan di remot menu lama tv hidup.gambar normal tapi di tekan menu untk kembalikan lagi mati protek lagi .mohon bantuanya .trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada dua gan 2 elco yg di dekat ic vertikal ganti dari 1uf/50 ke 4.7uf/50 dan elco di suply arus 50v hors. ganti dari 10uf/63 ke 100/100v tv kembali normal

      Delete
  4. TV saya Minimax 51V17 juga sama kena protect, saya paksa pake tombol panel dilayar ada kilatan cahaya, dan led kembali standby,,, ganti elco c402 (1uF/50v) kwalitas bagus, tetap nggak ngangkat gambar walau bbrp detik pun, cm kilatan kilatan saja ketika tombol prog+ dipijit, kesananya led standby.... mohon solusi,
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. Saya pun masih mempunyai kendala sama Polytron Minimax MX 51V17, saat dinyalakan dgn memijit tombol Prog+ cm kilatan-kilatan saja, lalu saya ganti Elco c402 (1uF/50v) itu dgn yg berkwalitas baik tapi masih tetap saja protect, mohon solusi lain, catatan: semua komponen vbital flyback dgn TRnya sdh diganti, Ic vertikal baru, semua tegangan supply normal, apakah ada kemyngkinan lain?, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba elco c402/401 di ganti yg 1/50v di ganti 10/50v atau 4.7/50v di ganti 10/50v dan jng lupa c507 jg di ganti yg lebih besar 47/100v atau lebih lagi, semoga berhasil

      Delete

Syarat Berkomentar:
Tanpa Sara
Tanpa Spam
Jangan Membuat Link Hidup Di Tengah Komentar
Berkomentarlah Yang Sopan Dan Bijak Agar Diharagai Oleh Orang Lain.
Komentar Yang Mengabaikan Syarat Diatas Akan Di Hapus,Terima Kasih...!

Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More